Friday, July 24, 2009

Belajar Makna Bismillah

Bismillah adalah sebuah kata yang tidak asing untuk didengar dan diucapkan. Terutama bagi yang menyandang gelar seorang muslim. Tetapi mungkin kita sendiri juga belum paham terhadap maknanya.

Kedangkalan pemahaman terhadap makna akan menipiskan keyakinan terhadap apa yang ada dibalik makna tersebut. Contohnya adalah Bismillah, karena kedangkalan pemahaman terhadapnya kita menjadikannya hal yang biasa dan spele, sebagaiman kalimat ayang lain dalam kehidupan sehari-hari, atau setidaknya dengan alasan ajaeran kitab saja.
Bagi peulis sendiri, Kalimat itu adalah makna yang belum terungkap, adalah misteri yang belum tersingkap, sekaligus adalah rahasia yang belum terjabarkan. Sampai saat ini, tidak ada ilmuwan Muslim (para ulama) yanag mampu menyingkapnya dengan sempurna. Mungkin hanya sebagian kecil dari maknanya saja yang bisa diinterpretasikan.
Makna yang ada di dalamnya cukup luas, lebih luas dari samudra yang ada, lebih dalam lautan apapun dan lebih tinggi dari ketinggian langit. Kita lihat dari unsur kalimatnya saja, nampak sekali kalau di dalamnya ada makna tak terungkap.
Karena kedangkalan pemahaman tersebutlah kita mesti belajar lebih serius terhadapnya sehingga bisa melahirkan keyakinan yang mendalam.

Kita Belajar dari kata :
BISMI : terdiri dari dua kata, yaitu Bi dan Ismu. BI memiliki arti (secara struktur tata bahasa): dengan atau bersama. Sedangkan Ismu adalah nama.
Walaupun demikian, BISMI dalam kalimat bismillah tidak sama dengan bismi buatan manusia, sebeb itu adalah karya yang maha esa.
ALLAH adalah kata dari suatu zat maha Esa, sebutan bagi Tuhan umat islam. kalau kita teliti dari struktur bahasa, sebagian pendapat mengatakan bahwa kata Allah bermakna suatu zat yang maha segalanya yang diketahui dan diyakini kebenarannya. Kalau Ilah yang berarti Tuhan, bermakna sesuatu yang diagungkan. artinya masih belum jelas apa dan siapa yang diagungkan. itu Ilah. Ilah diberi lam ta'rif menjadi sesuatu yang diagungkan dan diketahui.
Maka, tidak berlebihan saya bilang kalau bismillah adalah kalimat yang agung dari yang maha segalanya.
Bismillah anda akan bisa
Bismillah, kita sukses
Bismillah kita hidup
Bismillah kita Mati
Katakan Bismillah dalam setiap kesulitan, anda akan mengetahui sendiri jawabannya.
Semoga bisa saya lanjutkan tulisan tentang bismillah.
Tidak ada yang ada tanpa Bismillah
Tidah ada yang Sukses tanpa bismillah
tidak ada yang berkata tanpa bismillah
tidak ada segalanya tanpa bismillah.
Yakinkan diri, kalau kita sedang dan akan selalu billah dan bismillah
kita yakin akan sukses dan kita remeh akan mengetahui akibatnya.

No comments:

Post a Comment

Cari