Wednesday, July 22, 2009

Posisi Basmalah dalam Surah Al-Quran

Tafsir Bismillahirrahmanirrahim
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang"

Apakah Bismillah Bagian Awal Dari Setiap Surah Atau Berdiri Sendiri ?

Tinjauan Leteratur Dan Histori
Sebelum menentukan apakaha basmalah adalah bagian awal dari setiap surah ataukah berdiri sendiri, alangkah lebih baiknya kita menyimak beberapa pendapat para ulama dan mufassir terdahulu tentang posisi basmalah tersebut dalam Al-quran.
Dalam beberapa keterangan disebutkan bahwa para sahabat yang mengumpulkan Al Qur'an dalam satu mushhaf selalu mengawali Kitabullah dengan tulisan Bismillahirrahmanirrahim.
Kalimat basmalah dijadikan sebagai ayat pembuka di setiap surah dalam Al Qur'an, namun walaupun demikian para ulama masih banyak yang berselisih pendapat tentang kedudukan basmalah tersebut, sebagian mengatakan bahwa basmalah adalah bagian ayat dari surah An Naml dengan mengacu kepada firman Allah dalam surah an-naml sendiri ayat 30 :
"Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi) nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang." (An Naml : 30)
Walaupun ayat diatas oleh sebagian mufassir yang lain ditafsirkan, ketika Nabi Sulaiman hendak menulis surat untuk mengajak ratu Balqis masuk islam, beliau mengawali suratnya dengan ayat tersebut diatas.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah pendapat para mufassir tentang penempatan basmlah :

Basmalah adalah merupakan ayat dari setiap surah kecuali surah At Taubah (Bara'ah). Pendapat ini diriwayatkan dari Ibn 'Abbas, Ibn 'Umar, Ibn Az Zubair, Abu Hurairah, 'Ali ibn Abi Thalib, -dan dari kalangan tabi'in- 'Atha' ibn Abi Rabah, Thawus, Sa'id ibn Jubair, Makhul dan Az Zuhry. Pendapat yang sama juga dipegangi oleh 'Abdullah ibn Al Mubarak, Asy Syaf'iy, Ahmad ibn Hanbal dalam salah satu riwayat, Ishaq ibn Rahawaih dan Abu 'Ubaid Al Qasim ibn Sallam Allah melimpahkan rahmatNya kepada mereka semua-.

Basmalah bukanlah merupakan ayat dari surah Al Fatihah dan bukan pula bagian dari surah yang lainnya. Pendapat ini dikemukakan oleh Imam Malik dan Abu Hanifah beserta para pengikutnya

Basmalah adalah ayat yang berdiri sendiri dan terdapat pada awal setiap surah. Pendapat ini dikatakan oleh Dawud Azh Zhahiry dan diriwayatkan dari Ahmad ibn Hanbal.
Pendapat yang banyak dikuatkan oleh para ulama adalah pendapat yang pertama. Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment

Cari