Tuesday, July 28, 2009

Keutamaan Bismillah

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Agar keyakinan kita terhadap Bismillah bukan sekedar ucapan, berikut ini adalah hadits yang bisa kita jadikan penumbuh keyakinan, minimalnya menambah pengetahuan terhadap bismillah :

1.Diriwayatkan oleh Imam Abdur Rahman Bin Abu Hatim berasal dari ibnu abbas, bahwa Ustman Bin Affan bertanya kepdad Rasulullah s.a. w tentang kalimat Bismillahirrahmanir-Rahim, lalu Rasulullah s.a. w. Menjawab :
” Ia adalah salah satu dari Nama-Nama Allah begitu dekatnya kalimat Bismillah ini dengan Nama Allah yang Teragung seperti dekatnya biji mata yang hitam dengan biji mata yang putih.

2.Diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih bahwa Rasulullah s.a.w. menjawab :
diturukan kepadaku satu ayat yang tidak pernah diturunkan kepada salah seorang Nabi, selain Nabi sulaiman Bin Dawud dan saya sendiri, yaitu ayat Bismillahir-Rahmanrrahim-Rahim

3.Diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih juga dengan sanad-sanad yang sama, berasal dari jabir bin Abdullah, katanya :
” Tatkala turun ayat Bismillahir-Rahmanrrahim-Rahim, awan-awan lari ketimur, lalu angin menjadi diam, laut bergelombang, semua bintang-binatang memasang telinga memndengarkannya, setan-setan direjam dari langit, lalu Allah bersumpah : demi kegagahan dan kemuliaan-Nya, apapun yang diseut namaNya atasnya, Allah akakn beri berkah kepadanya.”

4.Diterangkan oleh iIbnu Waqi’ bersal dari Ibnu Mas’ud, katanya :
” Barang siapa yang ingin agar dihindarkan Allah dari Zaba-niyah yang 19, maka hendaklah ia membaca Bismillahirrahmanirrahim, makka Allah menjadikan setiap hurufnya menjadi tameng dari masin-masing mereka.
Zabaniyah yang 19 ialah 19 malaikat yang ditugaskan Allah melaksanakan tugas penyiksaan terhadap orng-orang yang masuk kedalam neraka. Bismillah terdiri dari 19 huruf (arab).

5.Diriwayatkan oleh imam ahmamd bin Hambal: saya mendengar Abu Taminah menceritakkan tentang pengawal Rasulullah s.a. w. Bercerita bahwa Rasulullah s.a. w pernah bertarung (kaki beliau terabtuk tanah atau batu dalam berjalan) lalu aku berkata : celaka setan itu. Mendebgar ucapanku itu, Rasulullah s.a. w. Lallu berkata kepadaku :
” Jangan engkau berkata: Celaka Setan, sebab jika engkau berkata: celaka Setan, mendengrar itu setan akan menjadi besar dan kuat, lalu ia bertekad dan berkta : dengansegenap kekuatanku, ak akan binasakanakan dia . tetapi bila engkau berkta : Bismillah setan menjadi kecil (lemah) seperti seekor lalat

6.Diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Ralullah perbah mengatakan:
” tidak sah wudu’ orang yang tidak meyebut Bismillah sebelumnya.”

7.Diriwayatkkan oleh Muslim bahwa Rasulullah s.a. w. pernah berkata kepada anak tiri beliau Umar bin Abu Salamah :
” Sebutlah Bismillah, makanlah dengan tangan kananmu, makanlah apa yang ada didekat mu”.

8.Diriwayatkkan oleh Bukhari adan Muslim bahwa Rasulullah s.a. w. Perbah bersabda :
” sekiranya seorang dari Kmu, bila bermaksud akan mendekati istrinya, lalu menyebut : Bismillahi-Allahumma jannibnasy-syaithaana, wajannibisy-syaithaana maa razatana (dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah syetan dari kami dan jauhkanlah syetan dari apa yang engkau berikan kepada kami ) ,maka sekiranya dari pencampuran keduanya itu di takdirkan seorang anak maka seyetan tidak akan dapatmenggangu anak itu selama-lamanya”.

9.Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasululah bersabda:
” Setiap urusan yang penting tidak dimulai didalamnya dengan Bismillahirrahmanirrahim maka urusan tersebut akan tertolak ”

10.Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim, dalam pertemuan antara malaikat Jibril dan Rasulullah s.a. w. Jibril berkata dalam potongan kalimatnya:
” Kemudian katakanlah Bismillahirrahmanirrahim (setelah rasulullah mengikutinya ) Jibril berkata: bacalah dengan mengingat tuhanmu, dan berdiri, duduklah dengan mengingat Allah.

No comments:

Post a Comment

Cari